welcome

Kamis, 07 Mei 2009

PILAR_PILAR UKHUWAH

Sahabat Muslim, yang berbahagia..

Ada tiga tahapan menuju ukhuwah yang haqqiqi, bila tidak diwujudkan maka tidak akan pernah ada yang namanya ukhuwah islamiyah.

Tahap 1. Ta’aruf

Ta’aruf artinya saling mengenal. Umat islam harus mengenal satu sama lain minimal nama nya. Bagaimana cara ta’aruf? sangat mudah yakni orang tersebut harus bisa ber-SOSIALISI- dengan sekitarnya.

Sebab, apabila seseorang membatasi dengan orang yang ‘belum’ dikenal, maka selamanya tidak akan pernah mengenal. Meskipun satu masjid dalam sholatnya, atau satu kampung tempat tinggalnya.

Adapun menurut Al-Qur’an, hal ini terdapat dalam QS Al-Hujurat 13 ” Hai Manusia, sesungguhka Kami ciptakan engkau dari laki-laki dan perempuan dan Kami jadikan engkau berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia disis Allah adalah yang paling bertaqwa dianyata kamu .

Tahap 2. Tafahum

Tafahum Artinya saling memahami karakter saudaranya. Lebih jauh mengenal keseharian, keluarganya, asal-usul keluarganya, pekerjaannya, sifa-sifatnya bahkan sampai kepada tingkat kedalaman agamanya. Dengan mengenal karakter tersebut, akan meminimal perselisihan faham atau beda pendapat yang menjurus pada perpecahan.

Bagaimana mewujudkan tafahum? salah satu cara adalah sering bersilaturahim, sering berdiskusi insya Allah akan dengan cepat mengenal nya. Atau dengan bertanya pada sahabat lamanya juga mempermudah tafahum terhadap seseorang.

Tahap 3. Takaful & Ta’awun

Takaful dalah sikap mengorbankan dirinya untuk saudaranya karena Allah. Ta’awun adalah saling menolong.

bila yang ke tiga ini dapat terwujud, insya Allah yang disebut Ukhuwah ISlamiyah sejati akan terwujud.

Apa cirinya ?

1. Merasa satu tubuh, yang bila disakiti salah satu saudaranya akan muncul rasa bela minimal ikut sakit

2. Mendahulukan kepentingan saudaranya dibanding yang lain.

3. Siap berkorban untuk saudaranya.

Semoga Allah merahmati kita semua. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tulis komentar anda