welcome

Rabu, 13 Mei 2009

Pemuda Islam PDF Print E-mail
Written by MS
Monday, 17 November 2008 14:49

Pemuda. Sejatinya adalah orang muda sebagai generasi penerus dari golongan yang tua, dan sebagai harapan bangsa. Pemuda adalah para remaja, pelajar, mahasiswa, dan lain sebagainya, yang tentunya memiliki jiwa yang muda. Namun, seperti apakah pemuda islam itu?

Pemuda Islam tak jauh berbeda dengan pemuda pada umumnya, memiliki gelora semangat dan kekuatan fisik yang cukup besar, khususnya dalam mempelopori pergerakan dan perubahan. Namun, pemuda Islam merupakan pemuda yang mampu membela kebenaran dengan gigih di jalan Allah. Pemuda Islam mampu menjalani masa mudanya dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat.

Nabi Muhammad saw bersabda,”Manfaatkan yang lima sebelum datang yang lima: masa mudamu sebelum datang masa tuamu; masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu; masa kayamu sebelum datang masa miskinmu; masa hidupmu sebelum datang masa matimu; masa luangmu sebelum datang masa sibukmu.” (H.R. Al Baihaqi)

Untuk mencari dan membela kebatilan serta memanfaatkan masa muda, seorang pemuda Islam harus dapat memahami agama Islam serta ajaran Islam itu sendiri. Beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya pada dasarnya merupakan sebuah sikap patuh dan tunduk. Pemuda Islam memiliki rasa cinta yang besar kepada Sang Pencipta, Allah swt, serta mengikuti apa yang dicontohkan Nabi Besar Muhammad saw.

Bila seorang pemuda Islam telah dapat mengimani Allah SWt dan Rasul-Nya, tentunya ia akan selalu mengamalkan ajaran Islam, baik dalam perbuatan dan kehidupan sehari-hari, hingga usaha pendakwahan agama Islam. Karena seorang pemuda Islam tentunya tidak ingin menjadi orang yang merugi, karena ciri orang yang tidak mengalami kerugian dalam hidup adalah senantiasa mengamalkan dan mendakwahkan Islam. Nabi Muhammad saw bersabda, “Barang siapa menyeru kepada kebaikan maka ia akan memperoleh pahala sepadan dengan orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim). Pemuda Islam yang baik akan sungguh-sungguh mengajarkan dan menyampaikan ilmu yang dimilikinya, terutama kepada orang-orang yang ingin memahami Islam.

Dengan mengamalkan ajaran Islam, pemuda Islam akan mampu membentuk ukhuwah islamiyah atau persaudaraan umat muslim. Pemuda Islam sangat penting perannya dalam menguatkan jalinan persaudaraan antar sesama muslim. Para pemuda Islam semangat dalam menggali dan menggerakkan potensi yang ada dalam diri mereka, sehingga para pemuda islam tersebut optimis terhadap masa depan umat Islam. Dalam berjuang menghadapi masa yang akan datang, pemuda Islam yakin dengan pertolongan dari Allah swt.

Wujud akhlak dan akidah Pemuda Islam yang baik yaitu mampu berjihad di jalan Islam. Jihad yang dilakukan pemuda Islam bukanlah jihad yang ‘nyeleneh’ atau dengan kekerasan belaka. Pemuda Islam biasanya berjihad dengan cara berdakwah berdasarkan Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad saw. Pemuda Islam akan berusaha menghilangkan kekafiran, memerangi orang-orang murtad, serta melawan segala bentuk pemberontakan Islam.

Semua usaha dan perbuatan yang yang dilakukan oleh para pemuda Islam tentunya harus disertai dengan keikhlasan dan ketulusan karena Allah swt. Segala hal yang dilakukan pemuda Islam haruslah diniatkan karena Allah swt, dan sebagai amal ibadah yang berguna di akhirat kelak. Selain itu, pemuda Islam senantiasa bermuhasabah (intropeksi diri) terhadap segala aktivitas yang telah dilakukan. Intropeksi diri ini sangat penting agar segala hal yang dilakukan oleh pemuda Islam dapat lebih baik lagi serta dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi. Bukankah Nabi Muhammad saw juga pernah bersabda, “Seorang yang sempurna akalnya ialah yang mengoreksi dirinya dan bersiap dengan amal sebagai bekal untuk mati.” (HR. At Tirmizi).

Begitulah, ternyata keberadaan pemuda Islam sangat penting. Oleh karena itu, bagi anda yang mengaku orang muda, pemuda, maupun yang berjiwa muda, marilah kita tingkatkan keimanan kita kepada Allah swt dan nyalakan api semangat demi tegaknya hukum dan ajaran Islam, agar kita dapat berguna bagi bangsa dan negara ini.

Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tulis komentar anda